Posts

Menjaga dalam Penjagaan Terbaik

Image
Adalah aku yang masih bertahan hingga saat ini. Dengan petunjuk dan rahmat-Nya, aku masih bisa membingkai prinsip ini dengan kokoh. Aku tidaklah mengenal mengenai sebuah hubungan yang tidak halal selama berseragam putih abu-abu. Sulit? Memang.             Tapi, ini indah. Ketika dirimu sedang jatuh cinta pada seseorang. Kau asyik berdialog dengan Allah membicarakannya. Sesekali, menyelipkan doa kebaikan untuk si dia. Asyik, sekali. Namun, hanya kau dan Allah yang tahu mengenai perasaan yang membuncah. Dia yang kau kagumi pun tak tahu apa yang kau rasa.             Di titik ini, aku bisa bangkit. Ketika pada tahun kesekian, pertahananku sedikit runtuh ketika seseorang dengan karakter yang unik menyapaku. Allah sungguh baik, Dia melindungi hatiku. Walau berat, semua harus kulakukan bukan? Aku berhasil menaklukan semua ego yang mengendap dan akhirnya mengikhlaskan semua.             Saat memasuki tahun ketiga, saat ini.. kau harus tahu. Bahwa jatuh cinta adalah hal yang berbahay…

Ingin Rehat Dalam Dekapan-Nya

Image
Every single person certainly feel bored about something. Pretend to show if everything goes well but indeed, he/she hide away something that very bad to feel. Yeah, gue tulis tulisan ini ketika rintik hujan menyapa. Sama kayak perasaan gue, hati baru gerimis.             Pernah nggak sih lo merasa jemu akan sesuatu? Kayak kalau disuruh minum yogurt tiap hari pasti eneg kan. Emang sih yogurt itu enak dan bermanfaat tapi ada titik jenuhnya juga kan? Nah, it’s a bad or good news gue merasa bimbang, ragu, dan tentu saja bosan. It’s all about school life. Kenapa gue bisa bilang bosen? Semenjak diberlakukan lima hari kerja, dampak psikologi siswa masih banyak yang belum siap. Termasuk gue.. kalau ada tugas seabrek, kapan ngerjain. Gue sampai rumah sekitar jam 4, ikut kegiatan di deket rumah sampai jam setengah enam, lalu sholat, makan, sholat isa’, bantuin ortu.. dan paling nggak baru bisa sampai meja belajar sekitar jam 8. Itu pun teklak-tekluk karena nguantuk.. Ya Allah, siangnya nggak tid…

Ketika Hati Berbicara

Image
“Gimana sih Zal, apa kurangnya si doi. Tampan, calon tentara, macho. Yakin, gamau?” What thee.. apa reaksi lo ketika ditodong pertanyaan macem itu? Ketika dihadapkan dua pilihan, atas dasar apa lo memilih? Gue yang masih remaja juga bingung kalau ditembak pertanyaan macam itu. Tapi, ya emang gitu ding.. semua ini berawal saat..             Di pagi hari yang cerah di Salatiga, ketika gue ingin pergi ke Cimory dan Umbul Tirtomulyo, saat itu gue menikmati perjalanan kesana. Pemandangan nan elok, membuat diri teringat atas asma-Nya yang mulia. Seketika itu lamunan gue buyar saat nada dering whatsapp menjerit, minta diperhatiin eh maksudnya minta dibaca.             Di notif, ada nomor nggak dikenal yang mengirim whatsapp ke gue. Siapa? Who? Apakah si Zayn Malik yang ingin menanyakan keseriusan gue? Atau si Jack Dawson yang tiba-tiba kembali ke abad 20 dan ingin melakukan pencarian Rose dengan bantuan gue? Apaan dah, ngaco bener. Gue agak was-was saat itu. Maklum, gue nggak mau ke…

JANGANLAH MEMANDANGNYA BERBEDA

Image
Dari jauh aku selalu memerhatikannya. Di setiap langkahnya, kucoba untuk membantunya dalam meraih sesuatu. Ketika ia terjatuh dan pedih, aku siap untuk menjadi orang pertama yang akan memeluknya. Memberikan kehangatan yang sulit untuk ia dapatkan.             Tak usah bersedih apalagi takut. Rasakanlah kehadiranku yang penuh dengan kasih. Di setiap langkahnya, ada aku yang siap menggandeng tangannya. Menjadi penumbuh akar-akar kehidupan yang hampir saja layu karena redupnya semangat hidup.             Tak lupa, mari sertakan Allah dalam cerita ini. Dengan-Nya, aku akan lebih hebat saat menjadi penyemangat kala ia rapuh. Bersama-Nya, ia akan menemukan dunia indah penuh warna yang belum pernah ia jamah. Bersama-Nya pula, akan lebih tegar dan tabah ketika aku membimbingnya dalam kebaikan. Laa haula wa laa quwwata illaa billahil ‘aliyyil’adzim... Kekurangan fisik telah menjadikannya seseorang yang dipandang sebelah mata oleh masyarakat. Apakah hanya karena ia seseorang yang berk…

F L A S H B A C K

Melihat, menyapa masa lalu, kutersenyum Di acara itu, semua sibuk menyiapkan Apalagi aku yang ricuh karena tidak siap menjadi MC hari itu Ketika aku bertanya “Bagaimana?” Seseorang hanya menggeleng dan tersenyum. Gemuruh dalam jiwa Mengusik damainya kalbu Dalam diam, mulutku berbisik sesuatu Kau dengar? Senyumku dapat menerjemahkan semua pertanyaanmu Sayang, kau memang tidak pandai membaca suasana Seorang aku yang gugup kala itu, masih sama gugupnya Ketika hari ini Jam ini Menit ini Detik ini Melihat foto kegiatan saat itu Sudahlah, biarlah aku latihan dulu Jadi esok lusa, bisa lebih siap menjadi MC Juga, biarlah kau belajar Belajar memahami makna-makna tersirat dalam hidup

Pengalaman Menggunakan Sebuah Cadar

Image
Malam terasa sunyi. Detik demi detik mengisahkan bahagia dan luka. Silih berganti. Tak terlambat sedikit pun. Dan ternyata diriku sedang dilanda flu yang butuh amunisi banyak tissue untuk malam ini.             Hadeh, apaan sih wkk.. Gaje banget. Nah, pada kesempatan kali ini gue akan bahas tentang cadar. Iya cadar. Salah satu atribut wanita Muslimah yang dipakai pas keluar rumah. Langsung aja yuk..             Kalian udah tau kan, apa itu cadar? Yap betul! Kayak semacem kain yang menutupi wajah Muslimah untuk menghindari fitnah. Tapi, apakah lo merasa asing dengan cadar? Pertanyaan ini khusus Muslim. Sekali lagi, apakah lo merasa asing dengan cadar?             Kalau enggak, ya alhamdulillah berarti hati kalian udah melek tentang syariat Islam. Bagi yang merasa asing, maaf sebelumnya, coba tanyakan ke hati kalian, sejauh mana ilmu-ilmu syari’at yang telah dipelajari? Belajar agama dari SD-sekarang, dengan cadar aja masih merasa asing? Well, to be honestly, sebelum gue berhijr…